MyPassion
Menteri ATR: 2025 Seluruh Tanah di RI Bersertifikat
28 September 2017 \\ \\ 183

Bali - Pemerintah tengah mengupayakan sertifikasi tanah di seluruh Indonesia. Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil menyatakan targetnya seluruh tanah di Indonesia bersertifikat pada 2025 nanti.

"Tahun ini targetnya 5 juta sertifikat di seluruh Indonesia, 2018 targetnya 7 juta sertifikat, 2019 sebanyak 9 juta sertifikat targetnya. Sehingga 2025 seluruh tanah di Indonesia sudah bersertifikat untuk mengurangi konflik tanah," kata Sofyan di Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung, Jl Raya Sempidi, Badung, Bali.

Sofyan menyatakan sertifikasi tanah di seluruh Indonesia ini atas perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi), dan sertifikat diserahkan kepada masyarakat. Khusus untuk Bali, Sofyan menyatakan seluruh lahan di Pulau Dewata akan bersertifikat pada 2019.

"Presiden Jokowi memerintahkan sertifakasi tanah secepatnya. Sekarang baru 40 persen yang bersertifikat, tapi syukurlah di Bali sudah banyak. Jadi seluruh tanah di Bali akan terdaftar di 2019," ujar Sofyan.

Ditambahkan Sofyan, seluruh lahan di Denpasar akan tersertifikasi pada tahun ini. Sementara seluruh lahan di Kabupaten Badung akan tersertifikasi pada tahun 2018 nanti.

"Denpasar, tahun ini, seluruh tanah sudah terdaftar dan bersertifikat, Badung pada tahun 2018. Di luar itu, tahun 2019, semua lahan di Bali sudah terdaftar dan bersertifikat. Sertifikat ini bisa digunakan untuk modal dari sistem keuangan. Cuma, kalau digunakan untuk meminjam uang hati-hati. Kalau tidak terbayar, tanahnya ikut hilang," ucap Sofyan. (vid/dna)

Berita ini disadur dari https://finance.detik.com, 08 September 2017

Berikan komentar.